Kamis, 28 Juli 2016

Pembuatan Tepung Batok kelapa


 
Sudahkah kamu tau apa itu?


Tepung Batok Kelapa berasal dari batok kelapak yang telah diolah dan menjadi halus sehingga terbentuk butiran tepung. Kegunaan tepung batok ini diantaranya yaitu sebagai suatu senyawa pengisi untuk perekat resin sintetik, isian dan pengembang untuk serbuk phenolic molding, digunakan dalam pasta pembersih tangan berat sebagai abrasif ringan


Tepung batok kelapa berhasil digunakan secara khusus untuk finishing permukaan produk cair (sebagai penyerap), perekat damar wangi, resin casting dan produk-produk yang mudah terbakar. Tepung tempurung kelapa juga dapat memperhalus dan memperkilau cetakan artikel, dan mereka juga meningkatkan ketahanan terhadap kelembaban dan panas.
Kegunaan lain dari Tepung Batok Kelapa yitu dalam bentuk butiran tepung batok kelapa digunakan sebagai Bahan Sirkulasi yang Hilang di Pengeboran Oli, sebagai abrasif ringan dalam peledakan halus benda dan bangunan bersejarah, isian dalam pupuk organik.


Di Asia, Tepung batok kelapa secara luas digunakan untuk pembuatan campuran obat nyamuk, dengan bahan baku tepung ampas tapioka (Onggok). Tepung tempurung kelapa juga digunakan sebagai isian kabel listrik.
Batok yg diolah bisa dari batok limbah pasar, bisa juga batok dari limbah pembuat kopra atau batok limbah dari industri makanan yang menggunakan bahan kelapa seperti industri jenang atau wingko dll. Batok kelapa harus dibersihka terlebih dahulu dari kotoran dan sisa serabut agar meringankan beban mesin penggiling sebab serat sabut sulit untuk digiling dengan mesin ini hingga menjadi tepung dan juga akan membuat hasil tepung batoknya nanti kurang berkuwalitas.

Silakan kunjungi: sinar-matahari.com

0 komentar:

Posting Komentar