Jumat, 19 Agustus 2016

Perbedaan Tepung Tapioka dengan Tepung Sagu



Samakah tepung tapioka dan tepung sagu?
jika berbeda, apa perbedaannya?

Beberapa orang mampu membedakan antara  keduanya, karena memang antara keduanya tidaklah satu jenis tepung.Tepung yang sama adalah tapioka dan kanji, nama lainnya aci, karena semuanya terbuat dari singkong. Sedangkan sagu terbuat dari pohon sagu.

Mari kita pahami dari pengertian masing- masing. Tapioka merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Tepung tapioka mempunyai beberapa nama, seperti : tepung singkong, tepung kanji (dalam bahasa Jawa), atau aci sampeu (dalam bahasa Sunda). tepung tapioka diperoleh dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong. Sedangkan,Sagu adalah tepung atau olahan yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau "pohon sagu" (Metroxylon sagu Rottb.). Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka.

Memang dibenarkan jika antara keduanya memiliki beberapa sifat yang sama. Antara tepung tapioka (kanji) dengan tepung sagu memang mempunyai sifat mirip. Yaitu akan menjadi seperti fla kental bila dimasak dengan air panas. Bila tepung kanji atau sagu di pakai sebagai campuran kue atau rempeyek, akan membuat kue atau rempeyek menjadi lunak renyah.


Ada beberapa dari kita bisa membedakan antar keduanya walaupun ada beberapa kemiripan yang dimiliki. Akan tetapi bagi orang yang tidak biasa memang kedua tepung tersebut akan nampak sangat mirip. Tetapi bagi yang sudah biasa mudah sekali membedakannya.

Lalu apakah tepung tapioka bisa menggantikan sagu atau sebaliknya?
Meskipun memiliki ciri fisik yang sama, tapi hasilnya akan berbeda. Maka tentulah keduanya tidak bisa digantikan satu sama lain dalam beberapa pengolahannya

Kesimpulannya:
Tepung tapioka atau tepung kanji   berbeda dengan tepung sagu walaupun memiliki beberapa sifat yang sama antar keduanya.
Tepung tapioka atau tepung kanji berasal dari singkong, akan tetapi tepung sagu adalah hal yg berbeda. Tapung sagu dibuat dari pati pohon sagu.


Silakan kunjungi: indratma-sahitaguna.com

0 komentar:

Posting Komentar