Selasa, 23 Agustus 2016

Cara Membuat Tepung

Sebagian orang mungkin tidak mengerti pembuatan tepung adalah proses sederhana yang telah dilakukan selama ribuan tahun di sejumlah peradaban yang berbeda. Tentu saja proses pembuatannya tidak begitu sulit. Mengapa kita repot-repot membuat tepung senidri padahal kita bisa mendapatkan tepung tepung yang sudah jadi dengan membelinya. Tapi akan lebih menyenangkan jika kita belajar juga bagaimana pembuatan tepung tersebut. Tak perlu khawatir, yang kita butuhkan adalah semacam gandum yang dapat digunakan sebagai tepung, dan alat penggilingan.

Bahan: 
 
Jenis biji-bijian, kacang, atau kacang tanah (barley, gandum, rye, quinoa, jagung, beras, kacang polong dll)

Langkah-Langkah:

Langkah-langkah awal: Persiapkan dapur anda
Siapkan biji-bijian kacang-kacangan dan semacamnya (bahan). Sediakan pula sesuatu untuk menggiling atau menumbuk biji-bahan tersebut.

Hampir semua biji-bijian , kacang dan sejenisnya dapat berubah menjadi tepung. Pastikan anda memilih bahan yang sesuai dengan yang akan anda buat dan yang memiliki kualitas maupun kuantitasyang bagus.
Jika anda ingin membuat tepung , anda harus tau apa yang anda butuhkan untuk membuatnya.

Pilihlah dan persiapkan mesin penggiling. Jika anda ingin menghaluskan bahan-bahan tersebut menggunakan tumbukan tangan anda, tentu akan menguras banyak tenaga. Atau Anda bisa menghaluskan biji / buah / kacang (bahan) di blender / mesin penggilingan untuk mnghemat tenaga anda. Jika Anda menggunakan beberapa jenis perangkat listrik , semakin bertenaga tinggi dan hasilnya pun akan semakin halus.
Dengan cara manual memang memiliki satu keuntungan yaitu tidak menghasilkan panas untuk merusak nutrisi dari biji . di sisi lain, menggunakan manual akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, menggunakan mesin listrik memerlukan biaya untuk membelinya dan menggunakan tenaga (energi). Untuk kualitas hasil yang dihasilkan tentu tergantung pada kualitas mesin yang digunakan pula.

Langkah berikutnya: Penggilingan bahan utama
Masukan bahan ke tempat penggilingan sedikit demi sedikit sesuai kapasitas yang dapat diampu oleh penggilingan tersebut. Jika anda menggunakan mesin, maka anda bisa memilih tenaga yang paling tinggi untuk cepat menghaluskannya. Begitu pula dengan manual, maka anda harus lebih bekerja keras untuk menumbukknya.
Setelah dihaluskan, tentu saja teksturnya masih belum merata, maka gunakan lah ayakan untuk hasil yang lebih baik.

Langkah Finishing: Gunakan dan simpan Tepung
Setelah Anda puas dengan tepung Anda , tuangkan ke dalam kantong  atau wadah . Menjaga tepung Anda di tempat yang sejuk dan tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini akan mencegah serangga dan sinar matahari dari kerusakan. Dalam penyimpanannya pun, tidak perlu dimasukan lemari es. cukup diwadahi di tempat yang tertutup dan tidak lembab atau terkena paparan matahari langsung.

Demikian tips dalam membuat tepung. semoga bermanfaat untuk anda. Tentu Anda bisa mencobanya di rumah. Terimakasih

                 sinar-matahari.com
                 sahitaguna.com

0 komentar:

Posting Komentar