Rabu, 24 Agustus 2016

Jual Briket

Membuat Penghasilan wajar Jual Arang BriketPembuatan briket bisa dibilang pekerjaan yang tidak cocok untuk semua orang. Jika Anda salah satu orang yang ingin mencari sebuah wirausaha, maka anda dapat mempertimbangkan pembuatan briket arang untukuntuk dijadikan pilihan anda dalam berwirausaha. 
Beberapa orang dalam masyarakat menggunakan briket sebagai bahan bakar dan keperluan sejenisnya untuk mereka maanfaatkan. Maka peluang ini cukup bisa kita ambil untuk membuka usaha pembuatan atau penjualan briket.

Apa itu Briket?Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa. Mengenai arang yang dimaksud ini yaitu tidak seperti tanah liat. Arang merupakan bahan tanpa plastisitas dan tidak dapat dibentuk tanpa menambahkan bahan pengikat. Untuk membentuk debu arang menjadi briket, bahan aglomerasi ditambahkan ke debu arang dan kemudian dicampurkan untuk membentuk briket. 

Tempurung kelapa yang selama ini hanya menjadi limbah atau diolah sebagai arang kelapa tengah dikembangkan menjadi briket. Bagi anda yang ingin mencoba pengolahan tempurung kelapa ini, tentu tidak ada salahnya juga kan. Lalu kenapa tidak dibuat arang tepung saja? mengapa dibuat menjadi briket? Karena briket tersebut mempunyai nilai tambah dibandingkan dengan arang batok.

Beberapa industri atau pabrik telah menjadikan pembuatan briket ini menjadi sebuah peluang usaha bagi mereka. Tentunya pabrik skala usaha  kecil, dan menengah ini telah berani mencoba peluang usaha ini yaitu untuk menjual briket. Sudah dijelaskan di awal tadi bahwa pembuatan briket bisa dibilang pekerjaan yang tidak cocok untuk semua orang, karena harus memiliki peralatan yang cukup untuk memproduksinya. Proses pengolahan tempurung kelapa menjadi briket ini menggunakan alat atau mesin. Mesin yang digunakan antara lain adalah mesin penghancur arang batok menjadi tepung kasar, mesin penghancur tepung kasar menjadi halus, mesin pencampur dan mesin pencetak briket dalam jumlah besar. Maka dalam segi peralatan harus memadai agar produksi maksimal.

Dari sisi bahan bakunya yaitu tempurung kelapa, kita bisa mendapatkannya cukup mudah. Ada beberapa pabrik atau industri yang memanfaatkan daging kelapanya saja sedangkan tempurungnya tidak digunakan. Maka kita bisa memanfaatkan limbah mereka yaitu tempurung kelapa ini untuk kita jadikan modal dalam usaha kita sebagai bahan baku briket.

Perlu kita sadari juga bahwa semakin sulit dan mahalnya bahan bakar pada masa sekarang, bahan bakar alternatif menjadi pilihan untuk jalan keluarnya, salah satunya adalah dengan produksi briket ini. Dimana kita memanfaatkan bahan baku utamanya adalah bisa dikatakan sebuah limbah yang telah diolah sedemikian rupa menjadi sebuah briket tempurung kelapa.

0 komentar:

Posting Komentar