Kamis, 18 Agustus 2016

Tepung Tapioka


Apa sebenarnya itu?
Seperti apakah bentuknya?
Lalu bisa untuk apa sajakah digunakannya?
Apa bermanfaat?
Disini akan kita ulas apa itu tepung tapioka? bagaimana bentuknya? apa kegunaanya? berasal dari apakah dll.

Pengertian
Tepung tapioka atau juga sering di sebut tepung kanji  merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Tepung tapioka memiliki beberapa nama atau istilah . Beberapa nama tersebut seperti : tepung singkong, tepung kanji yang dalam bahasa Jawa digunakannya, atau aci sampeu dalam bahasa Sunda sering menyebutnya demikian. Tepung tapioka diperoleh dari umbi akar ketela pohon atau dalam bahasa Indonesia yaitu singkong.



Kegunaanya?
Tepung tapioka / tepung kanji banyak sekali kegunaanya , dalam kehidupan kita sehari hari tepung tapioka / tepung kanji banyak di gunakan untuk membuat aneka makanan ringan , krupuk , adonan kue dan pengenyal makanan seperti bakso dll.

Di dunia industri tepung tapioka / tepung kanji banyak di gunakan untuk bahan dasar pasta gigi  , bahan baku perekat kertas , bahan dasar perekat lem , cat tembok dan masih banyak lagi kegunaan yang bisa kita manfaatkan yang diperoleh darinya..

Proses pembuatannya?

Di era nmodern ini memang banyak alat teknologi yang dimanfaatkan oleh manusia dalam proses pembuatan tepung tapioka. Akan tetapi ada beberapa industri kecil seperti haklnya industri perumahan yang masih menggunakan teknologi atau alat yang seadanya saja.Berikut adalah proses sederhananya :
  1.     Persiapkan bahan yang akan digunakan (singkong)
  2.     Singkong  di kupas  kemudian dibersihkan dengan        mencucinya menggunakan air bersih
  3.     Setelah dibersihkan, kemudian seingkong tersebut diparut
  4.     Setelah di parut kemudian di peras dalam air dan di endapkan untuk di ambil sari patinya.
  5.     Di jemur sapai kering / di oven
  6.     Selesai
 Silakan kunjungi: indratma-sahitaguna.com

0 komentar:

Posting Komentar