Selasa, 16 Agustus 2016

Serbuk Kayu



Serbuk gergaji merupakan salah satu limbah yang dapat diperoleh dari hasil menggergaji yang biasa di lakukan di tukang kayu. Biasanya serbuk gergaji dapat dihasilkan setelah melakukan proses penggergajian kayu ataupun proses penghalusan dari kayu dan dilakukan dengan menggunakan alat penghalus kayu.


 


Dan taukah kamu?
Biasanya, hasil dari serbuk gergaji akan langsung dibuang bukan?. Namun ternyata, serbuk kayu hasil proses penggergajian ataupun limbah dari penghalusan kayu ternyata memilki berbagai manfaat.



Dan beberapa manfaatnya antara lain:


Sebagai bahan campuran pembuatan meubel
Beberapa pabrik meubel besar saat ini sudah tidak menggunakan bahan kayu utuh untuk membuat meubel. Ada beberapa keuntungan dari produk meubel yang dicampur serbuk gergaji ini, antara lain:
Biaya produksi dapat ditekan
Harga jual lebih murah
Bobot meubel yang lebih ringan


Sebagai bahan bakar

Beberapa orang masih memanfaatkan kayu untuk menjadikan bahan bakar, Padahal ada beberapa laternatif yang dapat kita gunakan selain kayu tersebut. Dan bagi anda yang masih sering memanfaatkan kayu bakar dan masih tergantung padanya, maka serbuk gergaji juga dapat dimanfaatkan untuk memakar. Serbuk gergaji dapat menjadi pengganti kertas, dan dapat mudah terbakar. Hal ini akan sangat membantu anda dalam membuat api lebih cepat, dan proses pembakarannya menjadi lebih baik.


Media tanam
Serbuk kayu sudah banyak digunakan untuk kebutuhan atau media tanam, hal ini sering digunakan bagi pengguna karena sifatnya yang ringan .  Serbuk ini banyak digunakan bagi pengguna yang terutama menggunakan pot atau polybag dalam menanam tanaman mereka. Manfaat serbuk gergaji sebagai media tanam dan juga serbuk kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media tanam yang baik. Media tanam ini yang dibuat dengan menggunakan serbuk kayu biasanya dapat mengoptimalkan penyerapan air dan unsur hara pada tanaman. Dengan meningkatnya penyerapan air dan jga unsur hara oleh tanaman, maka kondisi kesuburan dari tanaman tersebut akan menjadi lebih baik.



Media kreatifitas


Bagi mereka yang kreatif dan mempu melihat peluang usaha, manfaat serbuk gergaji kayu dapat diolah menjadi briket. Briket ini dapat digunakan untuk memasak dalam kebutuhan sehari-hari. Briket yang terbuat dari limbah gergaji kayu ini memiliki harga yang jauh lebih murah daripada briket batubara. Apabila dibandingkan dengan penggunaan gas alam dan juga minyak tanah, briket dari serbuk gergaji jauh lebih efektif dan pastinya dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari. Bagi yang mampu mengolah serbuk gergaji ini menjadi bentuk briket pun pastinya akan mendatangkan keuntungan tersendiri bagi anda, karena akan meningkatkan omzet penjualan anda. Anda dapat mengembangkan bisnis briket serbuk gergaji ini hingga menjadi salah satu bentuk industri yang besar lagi.

Mengolah dan pembuatan kertas
Sehari-hari anda pasti sering menggunakan kertas. Apa yang menjadi bahan dasar pembuatan kertas? Yah benar. Bahan dasar dari pembuatan kertas adalah kulit kayu. Lalu apa hubungannya dengan serbuk gergaji dan juga serbuk kayu? Ternyata saat ini serbuk gergaji dan juga serbuk kayu juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas.
Selain kertas putih yang biasa kita gunakan, limbah serbuk kayu dan juga seruk gergaji juga dimanfaatkan untuk diolah sebagai kertas daur ulang, yang biasanya berwarna coklat dan juga bertekstur kasar. Biasanya kertas daur ulang ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan atau pemanfaatan yang sifatnya estetik dan berhubungan dengan kerajinan tangan dan kesenian.


Silakan kunjungi:  indratma-sahitaguna.com
                              sahitaguna.com
                              sinar-matahari.com

0 komentar:

Posting Komentar