Senin, 29 Agustus 2016

Tepung Batok Untuk Obat Nyamuk

Batok Kelapa atau tempurung kelapa tentu sudah tidak asing di telinga kita. Batok ini sudah kita kenal dari zaman dahulu. Karena sejak zaman dahulu batok ini banyak digunakan sebagai kerajinan yang berbentuk ukiran di Tanah Air Indonesia ini. Karena sifatnya yang mudah diukir membuat ukiran dengan bahan baku batok ini sanagat banyak diminati di kalangan masyarakat Indonesia.

Walaupun masyarakat Indonesia sejak dahulu tertarik dengan batok karena pemanfaatannya sebagai kerajianan ukir, akan tetapi di era sekarang ini tentunya dalam penggunaan batok juga sudah bermacam dalam pemanfaatannya. Contohnya batok kelapa yang sudah diolah sedemikian rupa menjadi tepung batok kelapa. 

Dalam pemanfaatan tepung batok kelapa ini salah satunya adalah untuk bahan pembuatan obat nyamuk bakar. Walaupun tidak dijadikan bahan baku namun hanya campuran saja, akan tetapi ini sangat bermanfaat dalam pembuatan obat nyamuk bakar. Tentunya sudah banyak industri atau pabrik pembuatan obat nyamuk di Indonesia ini yang memanfaatkan tepung batok untuk bahan pembuatan produk mereka yaitu obat nyamuk ini.

Tepung batok ini digunakan untuk media insektisida dan parfum untuk pembuatan obat nyamuk ini. Selain itu, Tepung batok juga berperan penting dalam manfaatnya untuk pembuatan obat nyamuk ini. PEmanfaatan yang dimaksud adalah bahwa tepung batok kelapa berfungsi memperlamabat atau memperhalus dan menjaga supaya obat nyamuk tersebut tidak terbakar terlalu cepat, sehingga akan boros dalam penggunaanya.

Dengan perkembangnya perindustrian atau pabrik obat nyamuk di Indonesia maka kebutuhan tepung batok kelapa ini makin banyak dicari. Apalagi sekarang pemanfaatan batok juga telah digunakan sebagai bahan pembuatan briket yang juga marak di era sekarang ini. Maka batok pun semakin banyak dicari sehingga cukup sulit untuk mencari bahan baku pembuatan tepung ini yaitu batok kelapa. DAn dampaknya yaitu menyebabkan produsen obat nyamuk bakar makin kesulitan mencari sumber material untuk pembuatan produk mereka.

0 komentar:

Posting Komentar