Selasa, 24 Mei 2016

Tepung Kayu Lengket

Tepung

Tepung merupakan produk yang berupa butiran halus seperti halnya yang berasal dari sereal gandum , kacang-kacangan, umbi-umbian, biji minyak, bahan makanan lain dan rempah-rempah dan zat lainnya. Dari sudut pandang lain, tepung juga dapat diartikan sebuah semi makanan yang berfungsi sebagai dasar bahan baku untuk produksi roti, gulungan, biskuit, pasta dan makanan penutup atau sebagai tambahan untuk menyiapkan makanan.



Kebanyakan orang memang menganggap bahwa tepung hanyalah sebuah butiran halus yang dimanfaatkan untuk membuat makanan saja. Akan tetapi , yang menunjukkan asal metode produksi atau tujuan maka yang dinamakan tepung bukan hanya sebagai bahan makanan seperti keterangan di atas. Akan tetapi ada jenis-jenis lainnya. Misal untuk bahan interior obat-obatan yang meraka berasal dari batok, kayu jati, onggok, kayu lengket, serbuk kayu gergaji dan semacamnya.

Tepung Lengket

Tepung kayu lengket atau wood flour merupakan salah satu bahan utama untuk pembuatan obat nyamuk bakar, dupa, campuran lem, campuran untuk fleksibilitas beton, dan juga digunakan sebagai bahan untuk kampas rem sepeda motor.
Selain untuk hal diatas, tepung kayu lengket juga akhir-akhir ini digunakan sebagai bahan campuran komposit resin untuk dibuat berbagai macam produk yang ramah lingkungan.

Pada pengolahan kayu di industri-industri perkayuan selain produk kayu dan kayu gergajian diperoleh pula limbah kayu berupa potongan kayu bulat (Log). Sayangnya limbah dalam bentuk serbuk gergaji belum dimanfaatkan secara optimal, terutama hanya untuk bahan bakar boiler atau dibakar tanpa pemanfaatan yang berarti dan menimbulkan masalah terhadap lingkungan. Tepung kayu lengket juga akhir-akhir ini digunakan sebagai bahan campuran komposit resin untuk dibuat berbagai macam produk yang ramah lingkungan


Anda bisa berkunjung di alamat berikut:  http://indratma-sahitaguna.com

0 komentar:

Posting Komentar