Sabtu, 21 Mei 2016

Tepung Kentang

Tepung Kentang

Kentang merupakan slah satu umbi-umbian. Kentang banyak kita temui dimana-mana, di pasar di
minimarket atau lainnya. Tumbuhan kentang pun banyak kita temui di kebun-kebun apalagi di daerah pegunungan.

Tepung atau bubuk halus yang berasal dari kentang yang dimatangkan lalu dikeringkan dan dibuat tepung. Biasanya dipakai untuk pengental saus, cake, cookies, schotel dll. Tepung kentang masih belum lazim dipergunakan sehingga agak sulitdidapat.

Tepung ini juga dipakai dalam produk-produk jadi seperti kudapan (camilan), daging olahan, makanan panggang, mie, makanan hewan piaraan, parutan keju, saus, gravies kuah daging dan sup. Tepung kentang juga digunakan dalam penyaringan ragi dan juga sebagai bahan tambahan pada kosmetik dan industri farmasi.

Proses Pembuatan Tepung Kentang

1. Persiapan Bahan

Terlebih dulu kentang yang bakal dikeringkan mesti dimasak (dikukus, di rebus, digoreng atau dipanggang) serta dihaluskan hingga berupa pasta kentang basah.

2. Pembersihan

Kentang dikupas untuk menyingkirkan susunan luar (kulit), mata, cacat serta lain-lain dengan memakai pisau, abbrasive peeler atau perendaman dengan larutan NaOH encer panas maupun dengan uap yang bertekanan tinggi. Keuntungan pengupasan dengan abrasive peeler yaitu simpel, kepadatan bahan baik, cost murah serta gampang.

3. Finishing

Kentang yang sudah dibikin bersih lalu dikukus serta dihaluskan dengan penggiling daging (grinder). Pasta kentang basah yang dihasilkan itu lalu dikeringkan dengan drum drier serta diayak hingga jadi tepung yang memiliki ukuran seragam

0 komentar:

Posting Komentar