Jumat, 20 Mei 2016

Tepung Tepungan

Ternyata tepung bukan berarti hanya digunakan untuk bahan makanan saja, seperti terigu, mazena, tapioka dll.  Akan tetapi ada beberapa jenis tepung yang digunakan untuk bahan obat nyamuk, campuran lem, untuk pelengkap bahan pembuatan properti, dll.
Antara lain adalah:

1.    TEPUNG KAYU JATI

Tepung kayu jati atau Teak wood powder merupakan salah satu bahan utama untuk pembuatan obat nyamuk bakar, dupa, campuran lem, campuran untuk fleksibilitas beton, dan juga digunakan sebagai bahan untuk kampas rem sepeda motor.




2.    TEPUNG BATOK KELAPA

Batok kelapa adalah limbah dari kelapa yang telah diolah dagingnya, namun ternyata masih banyak sekali manfaat dan kegunaanya yaitu yang terbesar adalah untuk industri obat anti nyamuk bakar,  produksi kayu lapis dan melamin, dempul kendaraan, Arang dan Karbon Active, pencampur Palstik Box elektronik dll.




3.    TEPUNG LENGKET

Pada pengolahan kayu di industri-industri perkayuan selain produk kayu dan kayu gergajian diperoleh pula limbah kayu berupa potongan kayu bulat (Log). Tepung kayu didefinisikan sebagai selulosa kayu halus-tanah, sering disebut “serat kayu”. Dan tepung lengket ini dihasilkan dari kayu lengket. Selain untuk hal diatas, tepung kayu lengket juga akhir-akhir ini digunakan sebagai bahan campuran komposit resin untuk dibuat berbagai macam produk yang ramah lingkungan.


4.      TEPUNG ONGGOK

Onggok adalah limbah padat atau ampas singkong yang telah diambil saripatinya dalam pengolahan tepung tapioca. Onggok tapioka merupakan limbah industri pangan yang jumlahnya sangat banyak dan akan menjadi polusi bila tidak segera ditangani. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk memanfaatkan onggok tapioka dengan mengolahnya kembali menjadi tepung onggok.



Demikian ulasan tentang beberapa tepung yang mungkin perlu anda ketahui untuk menambah wawasan anda tentang jenis tepung lainnya. Dan mungkin dapat memberikan suatu ide atau solusi untuk anda.

Silakan kunjungi: indratma-sahitaguna.com
                             sinar-matahari.com
                             sahitaguna.com
        
                     

0 komentar:

Posting Komentar