Sabtu, 21 Mei 2016

Tepung Panir

Tepung Panir

Tepung atau bubuk halus yang berasal dari  roti kering yang ditumbuk halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tepung ini terbuat dari roti tawar yang di keringkan dan di giling menjadi tepung, akan tetapi biasanya kasar, kekasaran tepung ini
pun bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan.

Kegunaan tepung ini adalah sebagai coating atau pelapis pada makanan seperti Risoles, Biterballen, Katsu, Nugget atau pun Tempura untuk memberikan rasa yang lebih crispy. Bahkan beberapa orang berkreasi mengguanakan tepung ini pada Burger, atau pun Pisang goreng.

Ada dua macam tepung panir, yaitu tepung panir halus dan tepung panir kasar. Tepung panir halus terbuat dari roti tawar yang dikeringkan lalu dihaluskan. Sedangkan tepung panir kasar juga terbuat dari roti tawar akan tetapi pembuatan tepung panir kasar ini dibuat menjadi serpihan-serpihan kasar dan tanpa kulit dari roti tawar tersebut.

Proses pembuatan tepung panir:

1.Pemilihan bahan (roti tawar)

Pilihlah roti tawar basah. Roti tawar tanpa biji-bijian atau butiran yang besar paling baik digunakan.

2.Pemanggangan

Masukkan roti tawar dalam oven panas. Tunggu hingga roti mengering (teksturnya keras)

3.Penghancuran

Jika sudah membeku, keluarkan roti dari dalam pembeku. Parut roti menggunakan alat pemarut logam. Tepung panir akan terbentuk cepat dan teksturnya menjadi halus dan rata. Tepung panir tersebut siap digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar