Sabtu, 01 Oktober 2016

Membuat Tepung Jati

                                    Kayu jati 

merupakan salah satu kayu yang mempunyai kualitas bagus. Kayu jati memiliki sifat yang mudah diolah (dipotong-potong) sehingga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kegunaan seperti furniture, meuble dll.  Akan tetapi kayu jati ini bisa diolah menjadi sesuatu yang berbeda,  Kayu jati ini ternyata bisa diolah menjadi tepung kayu jati. Tepung kayu jati ini bisa diolah menjadi berbagai macam produk seperti campuran obat nyamuk dll.

Dalam pembuatan tepung jati biasanya menggunakan serbuk kayu jati. Serbuk kayu jati ini didapatkan dari limah gergajian kayu jati. Hal ini dimaksudkan agar lebih efisien dalam penggunaan biaya. Namun ada pula yang memang menggunakan dari kayu jati langsung diolah menjadi sebuah tepung.


Pembuatan Tepung Jati

Lalu bagaimana untuk membuat tepung jati tersebut? Bagaimanakah prosesnya? Kini akan diulas mengenai langkah-langkah pembuatan tepung jati tersebut.


Alat dan Bahan:

Kayu Jati atau serbuknya
Mesin penggiling

Langkah-langkah pembuatan:

1. Persiapan Bahan 
  • Persiapkan kayu atau serbuk kayu yang akan dibuat menjadi tepung
  • Jika bahan tersebut berupa kayu, maka kayu tersebut perlu dipotong menjadi beberapa potongan menyesuaikan mesin penggiling yang ada.
2. Penggilingan
  • Bahan yang tersedia tersebut kemudian digiling sedikit-demi sedikit hingga semuanya tuntas tergiling 
3. Finishing
  • Tepung kayu jati yang sudah digiling tersebut kemudian diayak 
  • Pisahkan tepung yang sekiranya masih kasar dan tepung yang sudah halus
  • KEmudian tepung yang masih kasar diolah kembali dengan digiling menggunakan mesih, agar menghasilkan tepung yang lebih halus.
4. Selesai
  • Tepung kayu jati siap untuk digunakan
Pembuatan tepung kayu jati ini memang tidak terlalu sulit, akan tetapi dalam membuat tepung ini memerlukan mesing penggiling untuk membuat kayu jati menjadi serbuk halus yang disebut tepung jati ini.

0 komentar:

Posting Komentar