Kamis, 06 Oktober 2016

Tepung Kacang hijau

Kacang Hijau


Merupakan sejenis polong-polongan atau biji-bijian yang memiliki banyak manfaat. Ini juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang tinggi.  Kacang hijau ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan. Seperti halnya dijadikan bubur kacang hijau, jenang, peyek, kripik dll.

Tepung Kacang Kedelai

Kacang kedelai ini bisa dijadikan sebagai tepung. Tepung kacang kedelai merupakan hasil dari biji kacang hijau yang yang telah diperhalus dan menjadi butiran-butiran halus. Tepung ini merupakan salah satu tepung yang bebas dari kandungan gluten. 

Tepung kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi. Nutrisi yang terkandung di dalam tepung ini diantaranya adalah kandungan energi, protein, karbohidrat ,lemak, kalsium,fosfor, dan zat besi. Ada juga kandungan vitamin-vitamin di dalamnya diantarnya adalah vitamin A, B1, dll.

Tepung kacang hijau dipilih dari kacang hijau yang berkualitas baik. Kemudian kacang hijau ini diproses. Dalam proses pembuatan tepung ini juga sama seperti tepung lainnya yaitu perlu tahapan penghalsan untuk menghasilkan sebuah tepung. Diproses melalui pemilihan bahan/ biji kacang hijau yang berkualitas, dilanjutkan pengupasan lalu baru digiling hingga halus menjadi tepung.  Untuk mendapatkan tekstur yang halus untuk tepung tersebut juga diperlukan pengayakan untuk memisahkan tekstur yang masih kasar agar diperhalus lagi. Sehingga dalam proses pembuatan tepung ini akan menghasilkan tepung yang benar-benar halus sehingga memuaskan.

Tepung kacang hijau ini sekarang banyak kita jumpai. Tepung kacang kedelai menjadi salah satu bahan makanan yang biasa digunakan oleh masyarakat. Tepung ini bisa digunakan menjadi berbagai olahan. Contohnya saja dijadikan sebagai mie yang kaya kandungan kalsium dan fosfor, digunakan untuk menghasilkan roti yang nilai gizinya kuat, dapat digunakan untuk membuat aneka kue basah. Tepung ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembuatan makanan bayi karena kandungan gizi yang banyak di dalamnya sehingga tidak perlu dikuatirkan nutrsi pada bayi. Tepung ini memang banyak kegunaannya dan masih banyak yang bisa dieksplore lagi.


0 komentar:

Posting Komentar