Sabtu, 10 September 2016

Membuat Tepung Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan pokok ddi sebagian daerah. Jagung ini dapat diolah menjadi beberapa olahan.Pengolahan jagung sangat beragam, jagung ini bisa diolah menjadi cemilan jagung atau jenis makanan lainnya. Misalkan jagung ini ini diolah menjadi bakwan jagung, popcorn, perkedel, kripik dll.

Jagung ini juga dijadikan sebagai bahan olahan makanan lain contohnya adalah dijadikan tepung jagung. Tepung jagung ini sebenarnya tidak asing dikalangan masyarakat pada umumnya. Dan tepung jagung ini juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan makanan juga, misalkan sebagai bahan pengental sup atau lainnya.

Cara Membuat Tepung Jagung

Proses pembuatan tepung jagung ini tidak terlalu sulit dan ribet. Jadi jika memang membutuhkan tepung jagung untuk keperluan pengolahan makanan snack atau lainnya, maka tepung ini bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya:

Alat dan Bahan

  • Jagung
  • Blender
  • Ayakan/penyaring

Langkah-langkah

1. Persiapan bahan
  • Jangan memilih jagung yang masih muda, maka pilihlah jagung yang sudah tua karena ini berpengaruh pada tepung yang nanti dihasilkan.
  • Kupaslah kulit jagung dan bersihkan dari serabut rambut jagungnya.
2. Pengeringan jagung

          Jemurlah jagung di bawah sinar matahari langsung. Penjemuran ini dimaksudkan agar dalam
   proses   pelepasan biji jagung dari tongkolnya akan mudah

3. Pelepasan biji

          Jika  jagung sudah kering, maka lepaskan biji jagung dari tongkol jagungnya

4. Penghalusan 
  • Haluskan jagung yang sudah dikeringkan tadi menggunakan blender dengan kekuatan yang tinggi agar cepat dalam proses penghalusan
  • Jika masih terdapat biji jagung yang masih kasar maka  pisahkanlah yang kasar dengan yang sudah halus. Bagian yang kasar tidak perlu buang karena masih bisa dihaluskan kembali. Pemisahan ini bisa dibantu dengan menggunakan ayakan/saringan
  • Lakukan proses penghalusan dengan blender ini secara berulang hingga biji-biji jagung ini benar-benar halus
5. Penjemuran 
          
          Tepung yang sudah diproses tadi, maka perlu dijemur kembali jika tepung masih terasa lembab

6. Selesai
      
          Tepung selesai dibuat dan siap digunakan.

Seperti yang dipaparkan pada awal tadi bahwa proses pembuatan tepung ini tidaklah sulit, karena prosesnya pun sederhana. Selain itu, bahan dan alat yang digunakan juga bisa kita dapatkan di sekitar kita dengan mudah.


1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    Oxone

    BalasHapus