Rabu, 07 September 2016

Tepung Ketan

Tepung ketan merupakan tepung yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus atau melalui prosespenggilingan. Tepung ketan ini memang pada dasarnya memiliki tekstur halus sama seperti tepung beras lainnya, tetapi jika tepung ini diencerkan dengan air, maka akan terasa lebih kental dari tepung beras lainnya. Tepung ini mengandung zat pati sehingga terkandung amilopektin yang membuat tepung ini lebih kenyal dari tepung lainnya. Karena pada dasarnya beras ketan yang merupakan bahan baku pembuatan tepung ketan ini mengandung zat pati yang cukup tinggi sekitar 80-85%.

Tepung ketan bisa dibilang merupakan salah satu bahan pokok pembuatan aneka makanan misalnya seperti kue dan sejenisnya. Terlebih lagi Indonesia salah satu penghasil beras yang cukup melimpah, dengan begitu tepung ketan ini juga banyak diproduksi di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan permintaan konsumen, karena tidak dipungkiri kebutuhan tepung ketan ini juga begitu diminati oleh masyarakat karena banyaknya masyarakat indonesia yang memiliki usaha di bidang kuliner yang terbuat dari tepung ketan ini.

Karena di era sekarang sudah banyak bermunculan pabrik tepung dimana-mana, maka untuk mendapatkan tepung ni juga tidak terlalu sulitUntuk mendapatkan tepung ketan ini tidak terlalu sulit. Sekarang banyak indutri yang memproduksinya. Tepung ini dapat kita jumpai di pasar-pasar, baik pasar tradisional dan pasar modern.  Tepung ketan ini terhitung banyak digunakan di masyarakat negara kita sehingga banyak kita jumpai 

Dari segi fungsinya, tepung ini biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuat makanan-makanan. Tepung ini biasanya digunakan dalam pembuatan makanan-makanan yang memiliki tekstur kenyal. Tepung ketan bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat untuk membuat makanan yang teksturnya kenyal misalnya seperti wajik kletik, kue, puding dan masih banyak makanan lainnya. 

0 komentar:

Posting Komentar