Rabu, 14 September 2016

Tepung Ikan

Tepung Ikan merupakan salah satu jenis produk dari pengolahan ikan berkadar air rendah. Sesuai dengan namanya, tentu saja tepung ini berasal dari ikan untuk bahan baku pembuatannya. Tepung ikan diperoleh dari proses penggilingan ikan. Bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan tepung ikan ini bisasanya jenis ikan laut. Karena berbagai ikan laut biasanya dapat diolah menjadi tepung ikan.

Manfaat Tepung Ikan


Tepung ikan menjadi salah satu dari sekian banyak sumber protein hewani dan memiliki kandungan mineral yang bermanfaat dalam kebutuhan komposisi dalam pengolahan makanan yang dicampuri dengan tepung ikan. Tepung ikan ini merupakan salah satu produk berkadar air rendah yang diperoleh melalui proses penggilingan ikan.

Kandungan Gizi / Nutrisi
Tepung ikan memiliki kandungan protein yang relatif  tinggi. tetapi bukan hanya protein saja yang terkandung di dalamnya. Tepung ini juga mengandung banyak nutrisi atau gizi di dalamnya. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain yaitu kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C dan masih banyak kandungan lainnya yang sangat bermanfaat.

Sekilas Info

Kebanyakan konsumen yang menggunakan tepung ikan ini lebih memilih harga yang ekonomis. Mereka lebih memilih menggunakan tepung ikan yang ukurannya kecil-kecil karena harganya relatif lebih murah dari yang biasanya. Terlebih lagi para konsumen yang menggunakan tepung ikan ini hanya sebagai campuran pakan ternak mereka., dalam hal ini konsumen lebih memilih tepung yang harganya murah tanpa memperhatikan kualitasnya terlebih dahulu. Karena sesungguhnya kualitas tepung ikan juga perlu diperhatikan mengingat kandungan gizinya yang sangat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar