Sabtu, 03 September 2016

Membuat Tepung Onggok

Untuk pengolahan tepung onggok yang kita peroleh bahannya dari pengolahan tepung tapioka yang dikenal dengan onggok yang merupakan limbah padat yang merupakan ampas dari singkong yang telah dimanfaatkan untuk pembuatan tepung tapioka yang berasal dari singkong yang telah diambil saripatinya. Ampas yang dimaksud ini masih basah seperti bubur namun dalam pengolahan nanti, ampas akan diolah sedemikian rupa menjadi serbuk yang kering. 

Persiapan Dan Tahapan Pembuatan TEPUNG ONGGOK


Persiapan

Dalam persiapan pembuatan tepung onggok, tentunya kita harus mempersiapkan bahan bakunya terlebih dahulu, Bahan baku yang dimaksudkan ini tentunya adalah ampas dari tapioka yang telah diambil sari patinya tersebut. 


Tahapan Pembuatan

Ambil  bahan yang akan digunakan dalam pembuatan tepung onggok ini yaitu ampas tapioka yang telah. dipersiapkan sebelumnya.

Ampas tapioka ini biasanya dalam bentuk basah karena dalam hal ini baru saja diambil saripatinya dan belum melewati tahapan pengeringan terlebih dahulu, maka dari itu ampasnya masih berbentuk basah





Untuk dijadikan tepung onggok tersebut hendaknya di keringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari. Dalam proses penjemuran ini setidaknya dijemur pada panas matahari yang normal, agar hasilnya pun akan lebih baik. Dalam proses pengeringan ini setidaknya sekitar 3 sampai 4 hari agar mendapat hasil yang maksimal. Dan bila cuaca sedang tidak stabil, usahakan jangan sampai lengah dan kehujanan. Itu akan membuat kita memulai dari nol lagi pengeringan onggok tersebut.


Setelah proses pengeringan selesai. kini waktunya onggok bisa di pisahkan menurut teksturnya. tekstur yang dimaksud ini adalah memilih onggok yang halus untuk dipisahkan.

Dan setelah itu onggok selesai dibuat.





.

0 komentar:

Posting Komentar