Senin, 26 September 2016

Tepung Sukun

Sukun


Sukun merupakan buah yang teksurnya lembut dengan rasa yang manis.Buah ini dapat diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti direbus, dijadikan keripik,, digoreng dll.  Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh.  Buah sukun dapat membantu memelihara kesehatan tubuh serta mampu memelihara kecantikan wajah dan rambut. 

Salah satu olahan sukun ini yaitu dijadikan sebagai tepung. Tepung yang biasanya diolah dari padi-padian biji-bijian kacang kacangan ini juga bisa dialihkan dengan menggunakan beberapa jenis buah-buahan untukk dijadikan tepung. Seperti tepung sukun ini yang dibuat dari buah sukun yang telah masak.

Tepung Sukun

Tepung sukun tidak jauh beda dengan tepung jenis lainnya.Masyarakat luas sudah mengenal juga tepung sukun ini untuk membuat berbagai jenis olahan makanan. Biasanya tepung sukun ini diolah menjadi roti. Dengan mengolah sukun menjadi roti atau sejenisnya tentunya yang perlu dilkakukan adalah menjadikan sukun ini menjadi tepung terlebih dahulu. Dengan menjadikan tepung, akanlebih memudahkan dalam pembuatan roti tersebut,

Konsumen tepung ini juga sudah meluas dari industri-industri maakanan dan ibu rumah tanggapun sudah menggunakan tepung sukun ini sebagai bahan pembuatan olahan makanan.Masyarakat biasanya memanfaatkan tepung sukun untuk memproduksi berbagai olahan seperti aneka kue kering, kue basah, mie sukun dll Biasanya tepung ini

Proses pembuatan tepung ini seperti halnya tepung-tepung lainnya yang melalui proses penggilingan atau penghalusan . Proses ini juga tidak terlalu rumit. Pertama-tama buah sukun yang sudah tuaatau masak biasanya yang digunakan karena memiliki kualitas yang lebih bagus jika dijadikan sebagai olahan tepung.  Kemudian sukun ini dikupas dan dibersihkan lalu melalui proses pengeringan baru bisa digiling atau dihaluskan kemudian dikeringkan lagi. Setelah itu tepung sukun siap digunakan.

Beberapa jenis olahan makanan misalnya roti yang berasal dari tepung sukun diantaranya adalah roti tart, bolu, donat, risoles dan masih banyak olahan lainnya. TEntunya dengan menggunakan tepung sukun ini akan meningkatkan nilai ekonomisnya. 

0 komentar:

Posting Komentar