Rabu, 21 September 2016

Tepung Aren

Pohon aren merupakan salah satu jenis pohon yang dapat dimanfaatkan seluruh bagiannya, dari daun, batang, buah dll. daunnya bisa digunakan sebagai atap rumah, batangnya digunakan untuk ganggang cangkul, buahnya yaitu kolang-kaling bisa dimakan, ijuk dari pohon aren bisa digunakan untuk membuat sapu lidi, empulur atau gumbarnya bisa digunakan untuk diambil saripatinya, bunga dari aren juga diambil nira nya dan biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan gula aren.

Tepung Aren


Salah satu manfaat pohon aren ini juga dapat digunakan untuk membuat tepung .  Aren yang diambil bagian dalam pada batangnya ini bisa dijadikan sebagai olahan tepung yang sering disebut tepung aren. Batang aren yang telah dibersihkan kulit kerasnya itu kemudian diambil bagian dalam batangnya lalu diproses dengan digiling dan melalui proses sedemikian lalu menjadi serbuk tepung yaitu tepung aren ini.

Kualitas pada tepung aren ditentukan oleh kadar kelembapan dan warna. Biasanya tepung yang berwarna putih lebih baik dibandingkan dengan tepung yang berwarna kecoklatan. Tepung aren yang beredar di masyarakat ada dua jenis tepung aren, yaitu tepung yang kering dan yang basah. Tepung yang jenisnya kering ini seperti halnya tepung terigu jika dilihat sekilas. Sedangkan tepung yang jenisnya basah masih harus melalui proses cetak kemudian dibakar.  Tepung aren ini juga memiliki sifat yang  mudah larut dalam air.

Tepung aren merupakan salah satu tepung yang kaya akan manfaat karena tepung ini bahan dasarnya adalah dari pohon aren yang memiliki kandungan kaya nutrisi atau gizi. Tepung aren yang berbahan dasar aren ini tentunya memiliki kandungan diantaranya karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Di dalamnya juga terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin B1,vitamin C dll.

Tepung aren saat ini sudah banyak diproduksi walaupun pemasarannya pun belum menyeluruh ke setiap daerah. Masyarakat pun masih belum cukup tahu bagaimana tepung aren tersebut. Apa kegunaan yang bisa menguntungkan kita atau manfaat yang terkandung di dalam tepung aren ini.





0 komentar:

Posting Komentar