Kamis, 15 September 2016

Tepung Pisang

Biasanya masyarakat lebih familiar dengan jenis-jenis tepung seperti yang terbuat dari bahan gandum, jagung, umbi-umbian atau biji-bijian. Namun kenyataannya, ada lebih banyak tepung yang bisa dibuat dari nahan lainnya.  Bahan lainnya ini juga bisa berasal dari buah-buahan, dan salah satunya yaitu berasal dari buah pisang. 

Buah pisang memiliki tekstur yang padat dan juga lembut serta rasanya yang manis. Buah pisang juga sangat diminati di kalangan masyarakat pada umumnya. Selain itu buah ini juga termasuk buagh yang tidak sulit untuk didapatkan. Harganya yang ekonomis ini juga membuat para konsumen makin menggemarinya karena harga ini juga tidak berpengaruh pada rasanya, karena rasa pisang ini juga nikmat. Buah pisang adlah salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan gizi  yang cukup tinggi, berbagai kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya. Buah pisang ini memiliki kandungan zat pati yang cukup tinggi di dalamnya sehingga sesuai untuk dijadikan sebagai tepung pisang.

Tepung Pisang



Tepung pisang merupakan tepung yang diperoleh dari buah pisang  yang sudah melalui proses penggilingan yang merupakan gilingan dari pisang yang sudah dikeringkan. Tepung ini merupakan salah satu cara pengawetan buah ;pisang yang diolah menjadi tepung.
Dan tepung pisang ini memiliki keuntungan bagi para konsumen pisang yang biasanya khawatir akan daya tahan buah pisang yang biasanya tidak tahan lama, namun dengan menggunakan tepung pisang ini tentunya akan mengurangi rasa khawatir tersebut karena tepung ini bisa bertahan lebih lama. 


Bahan Tepung

Dalam pembuatannya, tepung pisang ini biasanya tidak hanya dibuat dari beberapa jenis pisang yang digunakan. Namum secara umum semua jenis pisang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung ini. Namum setiap pisang juga memiliki karakter sendiri yang menentukan hasil tepung yang dibuat. Dan dari beberapa jenis pisang yang lebih baik digunakan dalam pembuatan tepung ini adalah jenis pisang kepok. Dilihat dari hasil yang dihasilkan dari pembuatan tepung yang berbahan baku pisang kepok biasanya teksturnya akan jauh lebih padat. Selain dilihat dari tekstur yang dihasilkan, tepung kepok ini juga menghasilkan tepung yang berwarna lebih putih dibandingkan dengan menggunakan pisang lainnnya.  Namum, dari segi aromanya, tepung ini memiliki aroma yang kurang kuat pisangnya.

Kegunaan Tepung

Seperti halnya tepung lainnya, tepung pisang ini juga memiliki banyak kegunaan. Tepung ini biasanya digunakan untuk sebagai bahan pembuatan pangan. Terlebih bagi bagi para penggemar rasa pisang, maka tepung ini bisa dijadikan untuk olahan makanan lainnya yang berasa pisang. Nah olahan-olahan makanan yang dihasilkan dari tepung ini antara lain adalah kue-kue atau snack lainnya, bahkan makanan bayi pun dapat diperoleh dari olahan tepung pisang ini. 


Dari banyak jenis tepung yang beredar di kalangan masyarakat, tepung pisang ini bisa dijadikan salah satu alternatif bahan pengolahan pangan yang bisa dipilih sebagai bahan pangan.

0 komentar:

Posting Komentar