Selasa, 27 September 2016

Tepung Vs Pati

TEPUNG + PATI = TEPUNG PATI ??


Tepung dan pati jika dilihat akan tampak sama dan tidak ada perbedaan yang terlihat sekilas. Namun perlu diketahui bahwa kedua tepung ini tidaklah sama. Hingga saat ini, kebanyakan masyarakat masih keliru menganggap pati sama dngan halnya tepung. Dalam sehari-hari, istilah pati kerap dianggap sama dengan tepung.

PATI


Pati adalah karbohidrat yang tidak dapat larut di dalam air, berwujud bubuk putih, tidak berbau dan tawar. Pati ini dihasilkan oleh tumbuhan yang digunakannya untuk menyimpan sejumlah kelebihan glukosa yang digunakan sebagai produk fotosintesis dalam jangka panjang. Pati dijadikan sebagai salah satu sumber energi yang penting baik untuk manusia ataupun hewan. Pati ini tersusun dari dua macam karbohidrat yaitu amilosa dan amilopektin. Tentu saja dengan komposisi yang berbeda-beda. Amilosa memberikan sifat yang keras, sedangkan amilopektin ini yang menyebabkan sifat lengket pada pati tersebut.

Pati biasanya digunakan untuk memekatkan makanan yang cair seperti sup dan lainnya. Dalam perindustrian, pati ini dipakai sebagai salah satu komponen perekat, misalnya campuran kertas, tekstil, atau pada perindustrian kosmetik. Pati ini juga bisa digunakan sebagai pengeras pada pakaian dengan menyemburkan larutannya ke atas pakaian sebelum disetrika, Bisa juga digunakan untuk perekat atau lem. 

TEPUNG vs  PATI

DAlam proses pembuatannyapun jelas berbeda. Dalam pembuatan pati, akan lebih memakan banyak waktu dibandingkan dalam proses pembuatan tepung. Misalnya, untuk mendapatkan tepung, bahan tepung hanya perlu dikeringkan kemudian digiling atau dihaluskan. Sedangkan dalam proses pembuatan pati, perlu proses pengendapan dengan air selama selang beberapa waktu hingga bagian yang diambil tersebut tidak larut dan mengendap  di dasar. 

Pati dan tepung tentu saja berbeda. Kandungan amilosa dan amilopektin pada pati sangat melimpah. Sedangkan tepung belum tentu memiliki kandungan pati yang murni, karena sudah tercampur dengan beberapa komponen lainnya.



Maka dari itulah bisa disimpulkan bahwa keduanya yaitu tepung dan pati adalah sesuatu yang berbeda tentunya. Hanya saja masyarakat sering salah kaprah dengan mengaitkan keduannya itu adalah hal yang sama. 

0 komentar:

Posting Komentar