Senin, 05 September 2016

Pembuatan Dupa (Tepung Kayu)

Dupa merupakan sebuah material yang menghasilkan asap yang berbau wangi yang biasanya digunakan sebagai alat untuk upacara-upacara keagamaan di dalam masyarakat, tak terkecuaali Indonesia dan negara lainnya. Dupa ini dijadikan salah satu sarana persembayangan yang dianggap penting bagi para pemegang kepercayaan seperti budha, hindu, Tionghoa bahakan kejawen atau aliran kepercayaan lainnya.

Perlu diketahui bahwa di era ini beberapa industri atau pabrik menggunakan kayu sebagai bahan pembuatan dupa. dan didukung oleh beberapa komponen lainnya.

Bahan
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan dupa antara lain seperti: tepung kayu, gunakan tepung secukupnya sesuai yang ingin dibuat seberapa banyak dupa yang dibutuhkan.lem kayu, stick dari bambu. wangi-wangian. pewangi ini tentunya sudah ditambah dengan ethanol,air secukupnya dan soda api

Peralatan
Peralatan yang dibutuhkan seperti: alat pengukur misalnya gelas ukur, pipa pralon, baskom, lilin, korek

Cara membuat
pertama-tama, stick diolesi lem yang telah dicampur dengan air kemudian masukkan stick tersebut ke serbuk tepung dan jemur sekitar 15 menitan, kemudian masukan ke dalam air lagi dan masukan ke dalam serbuk pengisi lalu jemur lagi.
kedua, ulangi cara diatas sebanyak tiga kali atau sesuaikanlah dengan keinginan besar duapa yang diperlukan
ketiga, setelah kering, berilah aroma pewangi yang telah dicampur ethanol itu selanjutnya keringkan kembaliu
Selesai, setelah pengeringan atau penjemuran selesai maka dupa sudah bisa digunakan
Kedua,

0 komentar:

Posting Komentar