Kamis, 01 September 2016

Pakan ternak Onggok

Onggok dari tapioka ini memiliki manfaat yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan kita. Salah satu pemanfaatannya yaitu untuk dijadikan sebagai salah satu bahan yang bisa diolah menjadi makanan ternak seperti unggas, kambing, sapi dll.

walaupunpun kandungan protein dalam onggok tidak terlalu banyak yang maka dari itu belum dimanfaatkan, akan tetapi itu dapat diatai dengan teknik fermantasi yang dapat meningkatkan kandungan protein di dalamnya. karena hal ini onggok bisa dimanfaatkan sbagai bahan pakan unggas, sapi kambing, atau yang lainnya.

Pakan ternak dengan menggunakan onggok ini sebenarnya juga membantu para peternak untuk mendapatkan bahan makanan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis ternakan. Misalnya onggok ini bisa digunakan untuk unggas, bisa juga digunakan untuk sapi kambing dan sejenisnya, dan bisa menyesuaikan dalam penggunaanya. Sehingga tidak perlu terlalu memilih-milih pakan bagi ternak mereka, apalagi peternak yang memiliki ternak tidak hanya satu jenis.

Dalam pemanfaatan onggok ini yang terus dibutuhkan dan dikonsumsi, maka ketersediaan bahan baku juga perlu ditingkatkan. bahan baku yang dimaksud ini adalah bahan baku onggok yaitu ketela. Maka harus adanya kestabilan antara keberadaan bahan baku dengan penggunaanya agar tidak terjadi kekurangan bahan baku yang membuat onggok tidak bisa diproduksi maupun pakan ternak ini juga akan ikut terganggu produksinya..

Pemanfaatan onggok sebagai pakan ternak juga akan menguntungkan berbagai pihak di dalamnya. Pertama, akan menguntungkan penghasil ketela pohon yaitu para petani yang menanam ketela di perkeb8unan mereka. Dan di sisi produsen onggok juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan onggok tersebut. Sedangkan disisi konsumen onggok juga akan diuntungkan dengan adanya produk onggok ini yang akan memudahkan para konsumen untuk mendapatkan pakan untuk ternak mereka.


Penggunaan onggok ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Apa lagi jika ingin mencoba hal yang baru dengan berwirausaha untuk memproduksi onggok yang bisa dibilang bahan bakunya tidak terlalu sulit didapatkan dan juga tidak terlalu mahal.


Silakan kunjungi: indratma-sahitaguna.com
                          sinar-matahari.com

0 komentar:

Posting Komentar